21 September 1677 John dan Nicolaas van der Heyden mempatenkan alat pemadam api

Jan van der Hayden (source : https://en.wikipedia.org)

Jan van der Heyden
(1637-1712) ketika itu masih berusia 15 tahun saat menyaksikan kebakaran Balai Kota, dan seperti seniman lain dia juga menggambarkan pemandangan itu dalam sketsa dan lukisan. Tapi juga menginspirasimenciptakan mesin yang merevolusi pemadam kebakaran. Salah satu mesin ini dapat dilihat di Wassenaar Brandweermuseum, di Belanda.

Dalam paten di sebutkan nama Jan dan Nicolaas van der Heyden sebagai penemu alat pemadam api. Mereka ini ada inspektur peralatan pemadam kebakaran di Amsterdam Belanda. Van der Heyden, merancang sebuah mesin pemadam kebakaran yang ringan dan bergerak, dan memiliki selang untuk suplai air dan keluaran. Pertama kali di uji coba di publik, 1672 dan sukses dan lima tahun berikutnya alat mereka ini mendapatkan paten. 

Mesin tersebut membuat Van der Heyden menjadi orang yang sangat kaya. Dia menjualnya kepada orang-orang seperti Peter the Great, dan William of Orange membawa beberapa mesin bersamanya ke Inggris pada tahun 1672. 

Mesin Van der Heyden adalah dasar untuk teknologi pemadam kebakaran sampai mesin uap ditemukan hampir 200 tahun kemudian.

Referensi :

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Jan_van_der_Heyden

2. https://www.dutchnews.nl/features/2014/02/master_dutch_painter_revolutio/

3. https://books.google.co.id/