30 Desember 1924 Astronom Edwin Hubble mengumumkan mengenai Nebula Spiral Andromeda

Pada tanggal 30 Desember 1924, Astronom Edwin Hubble mengumumkan bahwa spiral Andromeda sebenarnya adalah sebuah galaksi. Dan di sebutkan pulan bahwa Galaksi bima sakti hanyalah salah satu dari banyak galaksi yang ada di alam semesta.

Sebelum era Copernicus dan Galileo, manusia mengira bahwa Bumi adalah pusat penciptaan atau pusat perputaran tata surya kita. Bahkan setelah itu kita tahu matahari adalah pusat tata surya. Namun matahari bukanlah pusat alam semesta atah bahkan bintang utama di galaksi kita ini.


Bima Sakti yang dalam bahasa Inggris di sebut Milky Way, yang berasal dari bahasa Latin Via Lactea, diambil lagi dari bahasa Yunani Γαλαξίας Galaxias yang berarti "susu") merupakan galaksi spiral terbesar.



Siapakan Edwin Hubble.? Edwin Hubble adalah seorang astronom lahir di Missouri pada tahun 1889 dan pindah ke Chicago pada tahun 1898. Di sekolah menengah, ia memecahkan rekor negara bagian dalam lompatan tinggi, dan kemudian bermain basket untuk Universitas Chicago. Dia memenangkan beasiswa Rhodes dan belajar hukum di Oxford. Ia mendapat gelar Ph.D. dalam astronomi, tetapi berpraktik hukum di Kentucky. Setelah bertugas dalam Perang Dunia I dan naik ke pangkat utama, ia bosan dengan hukum dan kembali ke astronomi.


Sumber :


1. https://id.wikipedia.org/wiki/Bima_Sakti

2. https://www.wired.com/2009/12/1230hubble-first-galaxy-outside-milky-way/