19 September 1876 pertama kali Carpet Sweeper di patenkan

 Sebelum Vacuum Cleaner populer sebagai alat pembersih karpet, ada Carpet Sweeper sebuah alat yang bekerja secara mekanis untuk membersihkan karpet.

Pada tanggal 19 September 1876 sebuah desain dipatenkan oleh Melville R. Bissell dari Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat. Dan mulai dijual pada tahun 1883, alat ini kemudian populer di Inggris ketika model Ewbank dipasarkan pada tahun 1889 oleh perusahaan Entwisle and Kenyon Ltd.

Carpet Sweeper biasanya terdiri dari sebuah kotak kecil. Dasar kotak memiliki rol dan sikat, dihubungkan dengan sabuk atau roda gigi. Ada juga wadah untuk kotoran. Pengaturannya sedemikian rupa sehingga, ketika didorong di sepanjang lantai, roller berputar dan memaksa sikat untuk berputar. Sikat menyapu kotoran dan debu dari lantai ke dalam wadah. Carpet Sweeper sering kali memiliki pengaturan ketinggian yang memungkinkan mereka mengerjakan karpet dengan panjang berbeda, atau lantai kosong. Biasanya penyapu memiliki pegangan yang panjang sehingga bisa didorong tanpa harus membungkuk.

Carpet Sweeper


Meskipun saat ini jenis Vacuum Cleaner lebih populer, namun Jenis Carpet Sweeper masih ada di jual secara komersial. Bisa di temukan dibanyak online shop. 

Riset yang dikembangkan belakangan, bahkan bekerja secara otomatis dan robot, menggabungkan fungsi Vacuum (penyedot) dan Sweeper (penyapu), seperti yang ditemukan dalam model Roomba, dan BoBsweep. Teknologi memang selalu berkembang sesuai kondisi dan kebutuhan.