1 Mei 1964, John Kemeny dan Thomas Kurtz pertama kali menjalankan program BASIC



Bahasa pemrograman Komputer BASIC, mungkin di antara kita banyak yg pernah mempelajarinya. Namun bagaimana sejarahnya, yuk lanjut ikuti ulasan berikut.

Bahasa BASIC diciptakan oleh Professor John Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz dari Perguruan Tinggi Dartmouth pada pertengahan tahun 1960-an, tepatnya pada tanggal 1 May 1964 jam 4 pagi untuk pertama kalinya program BASIC di jalankan. Bahasa program tersebut tersusun mirip dengan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh para programer untuk menulis program-program komputer sederhana yang berfungsi sebagai pembelajaran bagi konsep dasar pemrograman komputer. Dua orang ilmuwan ini ini menggunakan komputer mainframe General Electric 225 dan menjalankan program kompiler sederhana. Mereka juga ini menciptakan bahasa pemrograman yang berbeda sejak 1956, termasuk Darsimco (Dartmouth Simplified Code), Dope (Dartmouth Oversimplified Programming Experiment). Dan program BASIC (Begginer’s All-Purpose Symbolic Instruction Code) yang menjadi menjadi sukses.


BASIC mudah dipelajari, bisa melewati mainframe (seperti Bill Gates dan Paul Allen mengadaptasinya untuk komputer pribadi pada tahun 1975), dan juga diperbolehkan untuk pemrosesan batch. Sejak saat itu, banyak versi BASIC yang dikembangkan untuk digunakan pada berbagai platform komputer, seperti Microsoft QBASIC, QUICKBASIC, GWBASIC, IBM BASICA, Apple BASIC dan lain-lain.

Referensi :

1. https://dayintechhistory.com/dith/1-1964-basic-program-written/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic