25 Januari 1915, Alexander Graham Bell melakukan panggilan telepon lintas benua pertama

Alexander Graham Bell melakukan panggilan.
(Source: http://en.wikipedia.org)


Pada 25 Januari 1915, Alexander Graham Bell melakukan panggilan telepon lintas benua pertama. Menelepon dari New York City, Bell didengar oleh asistennya, Thomas Watson, lebih dari 4.023 kilometer (2.500 mil) jauhnya di San Francisco: “Mr. Watson, come here, I want you.” 
Ini adalah tonggak penting dalam pengembangan teknologi telekomunikasi. Perangkat itu revolusioner — mengubah suara menjadi sinyal listrik, mentransmisikan sinyal itu melalui kabel, dan kemudian mengubahnya kembali menjadi suara lagi. Teknologi ini memungkinkan bisnis, industri, dan pemerintah untuk berkomunikasi secara instan dengan suara melalui jarak yang sangat jauh.

Dalam gambar ilustrasi Alexander Graham Bell (duduk) saat membuka jaringan telepon jarak jauh dari New York ke Chicago pada 1892. Dan untuk pertama kali Alexander Graham Bell mempatenkan penemuannya di tahun 1876.

Saat ini, lebih dari 4 miliar orang di planet ini secara teratur menggunakan telepon, baik model darat yang mirip dengan desain awal Bell, atau nirkabel dan telepon pintar. Komunikasi suara semakin banyak dilakukan melalui Internet.

Referensi :

1. https://www.nationalgeographic.org/thisday/jan25/first-transcontinental-telephone-call/
2. https://internasional.kompas.com/read/2019/06/20/17214231/kisah-pemasangan-layanan-telepon-komersial-pertama-di-dunia?page=all