1 Februari 1788, Georgia memberikan paten kepada Longstreet dan Briggs untuk Kapal Mesin Uap

Kapal Clermont (source: http://en.wikipedia.org)


Pada tanggal 1 Februari 1788, legislatif Georgia memberikan paten kepada penemu Augusta William Longstreet dan rekannya Isaac Briggs untuk mesin uap. Ini adalah satu-satunya paten yang dikeluarkan oleh negara karena ini sebelum adopsi Konstitusi Federal. Pada 1807 mesin mereka digunakan untuk menyalakan kapal dalam perjalanan 5 mil melawan arus di Sungai Savannah. Hanya beberapa hari sebelumnya, Robert Fulton telah berlayar di kapal uap barunya, Clermont, dari Kota New York menyusuri Sungai Hudson ke Albany.

Isaac Briggs (1763-1825) adalah seorang insinyur, surveyor dan pabrikan Amerika selama Republik Awal. Ia menjalani sebagian besar kehidupan dewasanya bersama keluarganya di Brookeville, Maryland. Briggs lahir di Haverford, Pennsylvania pada 1763 dari Samuel dan Mary Briggs, dua Quaker. Dia belajar teknik di College of Pennsylvania (University of Pennsylvania hari ini), di mana dia lulus dengan gelar sarjana pada 1783 dan gelar master pada 1786. Setelah lulus, Briggs melakukan perjalanan, pindah ke Georgia dan Georgetown, Washington, DC sebelum dia menikahi Hannah Brooke dan menetap di dekat Brookeville di Montgomery County, Maryland.

Briggs adalah seorang surveyor dan insinyur terkenal. Selama 1791-1792, ia membantu Andrew Ellicott dalam survei batas-batas Distrik Columbia yang asli (lihat Penanda Batas dari Distrik Asli Columbia). Pada 1803 Presiden Thomas Jefferson mengangkatnya sebagai Surveyor Jenderal Wilayah Mississippi. Dia juga salah satu dari banyak insinyur kepala Kanal Erie di New York dan menjabat sebagai insinyur kepala di Virginia di Sungai James dan Kanawha Canal. Dia juga mengabdikan diri untuk mengembangkan pertanian dan manufaktur dalam negeri. Dia ikut mendirikan Dewan Pertanian Amerika dan pabrik kapas dan kota manufaktur di Triadelphia di Montgomery County, Maryland. Selain itu, Briggs adalah Quaker yang taat dan anggota American Philosophical Society. Dia berteman dekat dengan Thomas Jefferson dan James Madison dan dihormati di komunitasnya.

Briggs jatuh sakit saat bekerja di Sungai James dan Kanawha Canal di Virginia. Dia meninggal di "Sharon," rumah keluarganya, pada tahun 1825.