29 Agustus 1885 Gottlieb Daimler mendapatkan paten Sepeda Motor

Daimler Reitwagen (Wikipedian Commons)

Sepeda motor, di Indonesia adalah alat transportasi favorit yang merajai jalanan. Namun tahukah Anda, pertama kali sepeda motor di paten kan? 

Adalah dua penemu berkebangsaan Jerman yaitu Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach yang menemukannya. Dan dinamai penemuannya itu Daimler Reitwagen. Reitwagen berarti “mengendarai kereta” atau “trek tunggal”. Daimler sang penemu, memberi nama ini karena sepeda motor hanya menggunakan dua roda yang melaju di trek tunggal.

Bagaimana bentuk atau tampilan motor pertama kali? Tentu sangat jauh berbeda dengan motor modern saat ini. Motor ini ada di sebuah Museum di Jerman, dengan nama NSU Museum yang berada Neckarsulm

Motor Daimler Raitwagen ini, di desain dan terbuat dari kayu, ditenagai oleh mesin 4 langkah 1 silinder yang menghasilkan tenaga 0,5 hp.

Percobaan pertama Motor Daimler Reitwagen

Perjalanan Reitwagen di depan umum, dilakukan pada bulan November 1885, kurang lebih setelah 3 bulan mendapatkan paten, dengan jarak 5 km.

Siapakah yang mengendarai saat itu? Adalah putra dari Daimler yaitu Paul, mengendarai Reitwagen dengan kecepatan 5-12 km/jam dari Cannstatt hingga Unterturkheim di Stuttgart Jerman saat ini. 

Ketika mengendarai pertama kali, di dapati Reitwagen ini terlalu panas, sehingga membakar jok kendaraan. Motor ini memiliki kekuatan 0,5 tenaga kuda atau setara dengan 600 rpm, dengan desain frame kayu tanpa pedal.

Amazing  ...

Referensi :

1. https://www.auto123.com/en/news/august-29-daimler-patents-the-first-motorcycle/16159/

2. https://www.gridoto.com/read/221660856/blast-from-the-past-daimler-reitwagen-sepeda-motor-pertama-di-dunia?page=all

3. https://id.wikipedia.org/wiki/Gottlieb_Daimler

4. https://id.wikipedia.org/wiki/Wilhelm_Maybach