31 Desember 1879: Thomas Alva Edison mendemonstrasikan lampu pijar di Menlo Park, New Jersey

Lokasi Menlo Park, New Jersey
Source http://whereismap.net


Jalan di Menlo Park, New Jersey menjadi lokasi demonstasi publik pertama dari bola lampu pijar pada tanggal 31 Desember 1879 oleh Thomas Alva EdisonPerusahaan Kereta Api Pennsylvania menjalankan kereta api khusus ke Menlo Park pada hari demonstrasi sebagai tanggapan terhadap antusiasme publik atas acara tersebut.
Meskipun lampu pijar pertama telah diproduksi 40 tahun sebelumnya, tidak ada penemu yang mampu membuat desain yang praktis sampai Edison menerima tantangan pada akhir tahun 1870-an. Setelah pengujian yang tak terhitung jumlahnya, ia mengembangkan filamen benang karbon tahan tinggi yang menyala terus selama berjam-jam dan generator listrik yang cukup canggih untuk memberi daya pada sistem pencahayaan besar.

ThomasAlva Edison, lahir di Milan, Ohio, pada tahun 1847, Edison menerima sedikit sekolah formal, yang merupakan kebiasaan bagi kebanyakan orang Amerika pada saat itu. Dia mengalami masalah pendengaran serius pada usia dini, dan kecacatan ini memberikan motivasi bagi banyak penemuannya. Pada usia 16, ia menemukan pekerjaan sebagai operator telegraf dan segera mencurahkan banyak energi dan kecerdikannya untuk memperbaiki sistem telegraf itu sendiri. Pada 1869, ia mengejar penemuan penuh waktu dan pada 1876 pindah ke laboratorium dan toko mesin di Menlo Park, New Jersey.

Referensi :