3 April 1973 Telepon Seluler Pertama Diperkenalkan

Martin Cooper dengan Telepon buatannya


Pernahkah Anda bayangkan bagaimana bentuk telepon seluler pertama kali diperkenalkan..? Tentunya tidak secangging yang kita bayangkan. Namun inilah cikal bakal teknologi seluler yang digunakan saat ini.

Untuk pertama kalinya pada tanggal 3 April 1973, Martin Cooper dari Motorola Corp menemukan dan diperkenalkan di publik. Telepon seluler generasi pertama disebut juga 1G. 

Telepon seluler ini memiliki berat 30 Ons atau 850 gram. Penemuan inilah yang telah mengubah dunia selamanya. Sementara Telepon Seluler saat ini rata-rata sudah 200 gram.

Teknologi yang digunakan pun belum seperti saat ini. Telepon seluler G-1, masih bersifat analog, yang dikenal dengan istilah AMPS (Advanced Mobile Phone System). Sistem ini adalah standar sistem telepon seluler analog yang pada mulanya dikembangkan oleh Bell Labs yang kemudian dikembangkan bersama dengan Motorola. 

Jaringan AMPS umum digunakan di seluruh dunia, sekitar 72 negara termasuk Indonsia. Namun kemudian digantikan dengan sistem lain yang lebih modern.

Motorola kemudian mengembangkan pada tahun 1983 dengan memperkenalkan DynaTAC 8000x yang ukurannya lebih kecil sehingga mampu dibawa dengan mudah.
Dynatax 8000x


Teknologi AMPS ini kemudian tergantikan menjadi sistem digital GSM atau CDMA sejak 2008.

Referensi :