2 Januari 1839 foto pertama Bulan oleh Fotograper Perancis Louis Daguerre

Foto Bulan
Source : http://pixabay.com


Memotret gambar bulan saat ini paling populer dengan menggunakan kamera ponsel kita. Namun tahukah Anda, pada pertengahan tahun 1800 an foto bulan pertama kalinya foto bulan di ambil. 

Pada hari ini, 2 Januari tahun 1839 - foto bulan pertama diambil. Itu diambil oleh Fotografer Prancis bernama Louis Daguerre. Louis Daguerre menjadi terkenal pada tahun 1822 ketika ia menemukan Diorama.

Sayangnya, pada bulan Maret 1839 - laboratorium Louis Daguerre terbakar , sehingga dokumen gambar bulan pertama tidak ada.

Louis-Jacques-Mandé Daguerre (lahir di Cormeilles-Parisis, Val-d'Oise, Prancis, 18 November 1787 – meninggal di Bry-sur-Marne, Prancis, 10 Juli 1851 pada umur 63 tahun) ialah seniman dan kimiawan Prancis yang dikenal untuk penemuannya yakni proses fotografi Daguerreotype.

Pada tahun 1827 dia bertemu dengan Joseph Nicéphore Niépce yang waktu itu juga sedang menciptakan kamera dengan karya foto pertamanya pada tahun 1826 dengan berupa gambar kabur atap rumah yang diambil dari jendela, yang terdapat pada lempengan campuran timah yang dipekakan. Daguerre kemudian mengadakan kongsi pada tahun 1829 untuk mengembangkan kamera, dan terus dilanjutkan meski pada tahun 1833 Niepce meninggal dunia. Ketekunannya menghasilkan sistem praktis untuk fotografi yang dikenal dengan daguerreotype.


Daguerre mempulikasikan temuannya pada tahun 1839 dengan memamerkan pelat tembaga berlapis perak yang menampilkan bayangan sebuah jalan di Paris dimana terdapat gambar orang yang tidak dikenal yang merupakan orang pertama yang difoto. Kemudian Akademi Ilmu Pengetahuan Prancis yang mengumumkan prosesnya pada 9 Januari tahun itu. Paten Daguerre diambil alih oleh Pemerintah Prancis, dan pada tanggal 19 Agustus 1839 Pemerintah Prancis mengumumkan penemuan itu merupakan hadiah "sumbangan untuk dunia".Metode dia kemudian dikembangkan menjadi metode yang dapat digunakan oleh khalayak ramai.

Referensi : 

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Louis-Jacques-Mand%C3%A9_Daguerre
2. http://www.famousdaily.com/history/first-photo-of-the-moon.html